Dahlan Iskan: Tol Trans Sumatera Mulai Dibangun 9 Oktober

Jakarta -Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menegaskan pembangunan mega proyek Tol Trans Sumatera akan dimulai atau groundbreaking pada 9 Oktober 2014.

Groundbreaking dilakukan sebelum berakhirnya periode pemerintahan 2009-2014 namun dengan syarat Peraturan Presiden (Perpers) penugasan telah keluar dan diberikan ke pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebelum akhir Juli 2014.


"Prinsipnya 9 Oktober groundbreaking tentu apabila Perpres bisa keluar paling lambat 21 Juli," kata usai rapat akhir pekan tentang Tol Trans Sumatera di Kementerian BUMN, Jakarta, Sabtu (12/7/2014).


Pengembangan ruas Tol Trans Sumatera akan dilakukan oleh PT Hutama Karya (Persero). Tahap awal sebelum dimulai pengembangan, Hutama Karya bersama Kementerian BUMN mengurus turunnya Perpers penugasan. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ditargetkan pada tanggal 21 Juli telah menandatangani Perpers Tol Trans Sumatera.


"Sekarang Perpres masih diolah, difinalkan di menko karena menko juga ingin cepat sehingga perkiraan kita dalam waktu 10 hari Perpres keluar," jelasnya.


Sambil menunggu Perpers penugasan, Hutama Karya akan menyampaikan business plan ke Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum (PU) selaku regulator jalan tol. Restu dari BPJT juga diperlukan sebagai prasyarat untuk memperoleh pinjaman dari perbankan.


"Secara pengerjaan hitungan bisnis cuma business plan ini mesti diajukan Menteri PU untuk disetujui," sebutnya.Next


(feb/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!