Kemenhub: Tiket Pesawat di RI Masih Jauh Lebih Murah Dibanding Negara Lain

Jakarta -Kementerian Perhubungan menyatakan‎ harga tiket pesawat di Indonesia masih jauh lebih murah dibanding negara lain. Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Angkutan Udara Kementerian Perhubungan Muhammad Alwi‎ saat melakukan konferensi pers di kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (8/1/2014).

"Transportasi udara di negara ini jauh lebih murah dibanding negara lain," tutur Alwi.


Alwi menggambarkan, untuk melakukan perjalanan selama 1 jam 5 menit di Indonesia dan di Amerika Serikat (AS), ongkos perjalanan menggunakan pesawatnya jauh berbeda.


Dia mengatakan, rute penerbangan dari Jakarta-Surabaya yang menghabiskan waktu sekitar 1 jam 5 menit (65 menit) tarif batas atas yang ditentukan pemerintah sebesar Rp 1,6 juta.


‎"Di Amerika, Los Angeles ke Arizona sama persis 1 jam 5 menit, harga tiket US$ 260-340. Coba bayangkan," tegas Alwi. Dengan menggunakan kurs dolar AS Rp 12.000, biaya tiket pesawat Los Angeles-Arizona adalah Rp 3,1-4 juta.


Itu sebabnya, berdasarkan pertimbangan keselamatan, biaya operasional maskapai penerbangan yang mencakup harga perawatan pesawat, bahan bakar, gaji pegawai, dan aspek lainnya, pemerintah menetapkan tarif batas bawah tak boleh kurang dari 40% tarif batas atas.


"Anda tahu fuel consumption Boeing 737.800? Itu 32% untuk BBM saja. Bagaimana maintenance overhaul, hal-hal lain? Termasuk penyusutan pesawat dan sebagainya," jelas Alwi.


(zul/hds)