Pemilik Lion Air Masuk Jajaran Orang Terkaya RI, Berapa Total Hartanya?

Jakarta -Dunia penerbangan dalam negeri dihebohkan maskapai Lion Air dengan delay (keterlambatan) penerbangan massal akhir pekan lalu. Tak hanya itu, kompensasi para penumpang juga terpaksa ditalangi oleh operator bandara.

Lion Air mengaku tidak punya uang tunai pada waktu terjadi delay massal jelang Hari Raya Imlek pekan lalu. Sehingga, maskapai berlogo singa merah itu terpaksa meminjam uang kepada PT Angkasa Pura (AP) II Rp 4 miliar.


Dari total dana tersebut, Rp 526 juta digunakan untuk membayar kompensasi penumpang. Setiap penumpang dapat kompensasi Rp 300.000 dan pembayaran penukaran tiket kembali (refund).


"Kami tidak ada masalah keuangan. Tidak ada sabotase internal," ujar Edward Sirait di kantornya, Jalan Gajah Mada, Jakarta Utara, Senin (23/2/2015).


Pemilik Lion Grup, yaitu kakak-beradik Kusnan dan Rusdi Kirana masuk daftar orang terkaya di Indonesia urutan ke-16 versi Majalah Forbes. Harta kekayaannya mencapai US$ 1,7 miliar (Rp 20,4 triliun).


Hartaya setara Eka Tjandranegara, Martua Sitorus, Eddy Katuari, dan Murdaya Poo. Harta ini mereka kumpulkan dalam jangka waktu lama dari hasil jerih payah sendiri.


Rusdi memulai usaha Lion Air dengan satu pesawat pada 1998 silam. Seiring berjalannya waktu, bisnis Lion Group semakin berkembang.Next


(ang/dnl)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com