Mentan: Traktor Bukan Untuk Petani Ponorogo Saja

Jakarta -Pemerintah menyatakan, traktor untuk petani di Ponorogo, Jawa Timur (Jatim) pasti dibagikan. Sudah ada sekitar 3.000 unit traktor yang dibeli pemerintah untuk petani di Jawa Timur.

Soal isu traktor yang ditarik dari Ponorogo, Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengatakan, sebagian traktor di Ponorogo ditarik untuk dibagikan ke daerah lain di Jawa Timur. Namun bukan berarti, petani di Ponorogo tidak kebagian traktor.


"Itu ditarik karena untuk distribusi ke seluruh Jatim, bukan untuk Ponorogo saja," jelas Amran kepada detikFinance, Selasa (17/3/2105).


Pengadaan traktor-traktor ini, kata Amran, dilakukan dengan sistem penunjukan langsung, dan menggunakan dana APBN Perubahan (APBN-P) 2015. Meski sudah dibeli, namun belum ada pembayaran yang dilakukan pemerintah.


"Ada sekitar 1.000 unit. Jadi memang belum ada pembayaran karena penunjukan langsung," kata Amran.


Sebelumnya, Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Gatot Irianto mengatakan, traktor untuk petani Ponorogo pasti dibagikan. Namun saat ini tengah dalam proses administrasi. Pemerintah membagikan traktor secara kolektif kepada kelompok petani, sehingga traktor tidak dimiliki secara pribadi.


(dnl/hen)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com