Gelar Kongres Tani, Oesman Sapta Angkat Isu Kedaulatan Pangan

Jakarta -Besok, 8 April 2015, Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) akan menyelenggarakan kongres di Balai Kartini, Jakarta. Rencananya, kongres ini akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Oesman Sapta Odang, Ketua Umum HKTI, menyebutkan tema acara tersebut adalah 'Kongres Tani dan Rakernas HKTI: Kedaulatan Pangan Menuju Indonesia Hebat'.


"Pak Jokowi diagendakan hadir dalam pembukaan," ujar Oesman kepada detikFinance, Selasa (7/4/2015).


Sutrisno Iwantono, Ketua Harian HKTI, mengatakan acara ini akan dihadiri sekitar 1.500 peserta. Sejumlah menteri Kabinet Kerja, pimpinan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sampai perwakilan perbankan juga dijadwalkan hadir.


Iwantono mengatakan, kedaulatan pangan merupakan tema yang cocok dikedepankan saat ini. Menurutnya, kedaulatan pangan adalah upaya untuk mencukupi kebutuhan pangan dari dalam negeri, bukan impor. Pangan juga harus tersedia dengan harga terjangkau, waktu yang tepat, dan lokasi yang mudah diakses masyarakat.


"Jadi jangan seperti beberapa waktu lalu, di mana harga beras sempat naik tinggi karena panennya tidak sesuai perkiraan," tegas Iwantono.


Untuk mewujudkan kedaulatan pangan, lanjut Iwantono, harus ada insentif. Tujuannya agar kesejahteraan petani meningkat.Next


(hds/hen)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com