Ketatnya Peruri: Pegawai Bawa Uang ke Pabrik Sanksinya Potong Gaji 6 Bulan

Karawang -Pabrik percetakan uang Perum Peruri di Karawang Jawa Barat tak bisa dimasuki sembarang orang. Pabrik ini dijaga ketat aparat. Bahkan standar kedisiplinan pegawai di pabrik ini pun tinggi.

detikFinance berkesempatan melihat-lihat pabrik seluas 202 hektar di wilayah Karawang, Jawa Barat ini. Ya, karena pabrik ini termasuk objek vital negara, maka penjagaan sangat ketat oleh aparat kepolisian yang dipersenjatai.


Saking ketatnya, di setiap divisi‎ atau gedung percetakan, ada petugas keamanan yang berjaga. Petugas ini yang siap menginterogasi keperluan pengunjung yang datang. Bila tak berkepentingan, jangan harap bisa masuk.


Etos kerja di pabrik ini pun menerapkan disiplin yang tinggi. Tak seorang pegawai diperbolehkan membawa ponsel ke tempat kerja, semua harus ditaruh di loker. Tak hanya ponsel, uang yang mereka miliki pun tak boleh dibawa saat kerja, sekalipun nominalnya kecil dan sudah lusuh serta lecek.


Bila ketahuan membawa uang saat penggeledahan di pintu keluar dari ruang cetak uang, meski itu adalah uangnya sendiri, akan ada sanksi administrasi dan hukuman pidana yang menunggu.


"Sanksinya potong 6 bulan gaji, dan dibawa ke polisi juga," kata salah seorang pekerja yang enggan disebutkan namanya, di lokasi, Senin (6/4/2015).


Standard operating procedure (SOP) penggeledahan ini tak hanya berlaku bagi pekerja, pengunjung, jajaran direksi, hingga pejabat pemerintahan tak bisa lolos dari penggeledahan ini.


(zul/dnl)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com