Dahlan Iskan: Tol Macet, Solusinya Tambah Tol Lagi

Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan terus melakukan upaya untuk mencari solusi kemacetan di jalan tol milik BUMN Jasa Marga. Menurut Dahlan jumlah tol di Jakarta masih kurang.

Saat meninjau dan meresmikan pemberlakukan sistem contra flow di tol Cawang-Rawamangun, Dahlan menyatakan, permasalahan kemacetan di Jakarta khususnya di jalan tol sulit dihindari. Tapi menurutnya, solusi agar jalan tol dapat diminimalisir kemacetannya ialah dengan menambah ruas tol baru.


"Permasalahan kemacetan jalan tol ya satu-satunya (solusi) jalan tol ya menambah jalan tol, kita kan kurang ya," kata Dahlan di tol Cawang-Rawamangun, Jakarta, Jumat (5/3/2013).


"Tapi kan nanti ada 6 ruas jalan tol ya, mudah-mudahan," katanya.


Dikatakan Dahlan, pemberlakuan sistem contra flow hanya bersifat sementara. Walaupun cukup membuat dirinya kagum, terutama dengan sitem yang diterapkan di ruas tol Grogol-Slipi.


"Contra flow itu tidak permanen. Mungkin nanti kalau (tol) Kebon Jeruk jadi, contra flow ini diberhentikan, dan Tanjung Priok jadi," lanjutnya.


Namun, dirinya mengatakan, sistem contra flow yang diterapkan di ruas Cawang-Rawamangun tidak akan terlalu signifikan mengalami macet, dan perlu banyak dilakukan beberapa perbaikan.


"Saya lihat ini tidak akan sehebat Grogol-Slipi. Dan masih perlu ada perbaikan, misalnya tikungannya perlu diperlebar," tutupnya.


(zul/dnl)