ILO: Pengangguran RI Turun Jadi 6,14% di 2012

Jakarta - Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) mencatat, pada 2012 tingkat pengangguran menurun dari 6,32% pada Februari menjadi 6,14% pada Agustus.

Ekonom Emma Allen menyebutkan, pengangguran menurun hampir di semua provinsi antara bulan Agustus 2011 dan Agustus 2012.


"Jadi angka rata-rata pengangguran menurun kecuali Aceh dan Sulawesi Tenggara. Berharap baik di Februari 2013," kata Emma dalam acara Peluncuran Laporan Terbaru ILO, di Hotel Sari Pan Pasific, Jakarta, Kamis (4/4/2013).


Emma mengatakan, penurunan tingkat pengangguran terbesar terjadi di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Riau, Kalimantan Timur, dan Papua Barat yang telah diidentifikasi sebagai pusat-pusat pertumbuhan penting dalam program MP3EI pemerintah.


Dia menjelaskan, pengangguran di DKI Jakarta diperkirakan mencapai angka 9,87% pada Agustus 2012. "Untuk pertama kalinya tingkat pengangguran di Jakarta berada di bawah 10 persen selama 10 tahun belakangan ini," katanya.


Namun, kata Emma, meski mengalami penurunan, pengangguran di kalangan usia muda masih terbilang tinggi. Kaum muda diperkirakan masih di angka 5,97 kali lebih besar dibandingkan mereka yang berusia 25 tahun ke atas. Pengangguran usia muda mencapai 56% dari penduduk penganggur pada Agustus 2012.


"Pengangguran tertinggi dari lulusan SMA. Ini mengindikasikan keperluan memperkuat strategi setelah lulus SMA. Ini berkaitan dengan angkatan kerja muda. Jadi pengangguran kebanyakan di bawah umur 25 yang kebanyakan lulusan SMA," kata Emma.


(dru/dru)