Mendag: 60 Ribu Ton Bawang Merah Impor Datang, Harga Turun Jadi Rp 10 Ribu

Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan sudah resmi mendatangkan 60 ribu ton bawang merah impor. Importasi ini dilakukan untuk menekan tingginya harga bawang merah saat ini.

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan meyakini, dengan membanjirnya bawang merah impor di pasaran, maka harga bawang merah akan terkoreksi hingga Rp 10 ribu/kg.


"Untuk sementara kita masih yakin bahwa akan datangnya banyak posokan untuk bawang merah dalam beberapa bulan ke depan datang yaitu 60 ribu ton. Itu sangat cukup untuk menurunkan harga dari Rp 40 ribu ke Rp 10-15 ribu," ungkap Gita usai Rakor Pangan di kantor Kementerian Menko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Jumat (5/4/2013).


Sampai saat ini, menurut Gita, baru 90 kontainer isi bawang merah impor yang datang, dari 2.000 kontainer total secara keseluruhan.


"Hari ini tiba 90 kontainer lebih dan dalam beberapa bulan ini akan datang lagi dari 2.000 kontainer. Dengan kedatangan pasokan itu tidak ada alasan bawang merah untuk tidak turun lagi," cetusnya.


(wij/dnl)