Lippo dan Toyota Bangun Hotel 170 Kamar di Lippo Cikarang

Jakarta - Toyota Tsusho Corporation merambah bisnis properti hotel-residence atau hotel hunian di Indonesia melalui PT TTL Residences yang didirikan bersama Lippo Group.

Untuk proyek pertama, Toyota Tsusho akan membangun dan mengoperasikan hunian yang dikelola seperti hotel dengan 170 kamar di daerah Lippo Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.


Demikian keterangan tertulis yang diterima detikFinance, Kamis (4/4/2013)


Alasan pembangunan hotel hunian ini dilatarbelakangi makin banyaknya perusahaan Jepang yang melakukan ekspansi ke Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, namun para pekerja Jepang kekurangan fasilitas tempat tinggal di Cikarang.


Konsep hotel-residence menawarkan residential service bergaya Jepang. Turut serta dalam kerjasama ini, Toyota Housing yang akan menyumbangkan keahliannya dalam bidang perumahan serta Tokyu Land Group yang akan menyumbangkan lebih dari 30 tahun pengalamannya dalam pengembangan real estat di Indonesia.


"Dengan memanfaatkan keahlian dan pengamalaman masing-masing pihak, Toyota Tsusho akan memulai bisnis ini," jelas keterangan perseroan.


Hotel-residences yang akan didirikan ini akan menargetkan para pengusaha yang tinggal di Indonesia dalam jangka menengah hingga panjang serta para ekspatriat yang menginginkan fasilitas dan layanan bergaya Jepang yang lengkap.


Hotel ini juga akan memberikan fasilitas layanan 24 jam concierge berbahasa Jepang, restoran Jepang, supermarket, pusat kebugaran, dan tempat mandi komunal besar ala Jepang, serta dengan layanan antar-jemput dari tempat tinggal dan kawasan industri ke bandara.


Pihak pengelola akan memberikan layanan hunian setara dengan di Jepang akan memastikan bahwa perusahaan-perusahaan Jepang tersebut akan memperoleh dukungan komprehensif untuk kebutuhan perumahan mereka.


Rencananya Toyota Tsusho akan memperluas bisnis hotel-residence ke seluruh Asia Tenggara, serta mengembangkan suatu usaha real-estate yang mementingkan penyediaan layanan.


(hen/dnl)