Tarif Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Bisa Tembus Rp 500.000/Orang

Jakarta - Rencana kereta super cepat Jakarta-Surabaya kini masih tahap studi, diperkirakan akan menelan investasi lebih Rp 70 triliun. Sehingga berdampak mahalnya harga tiket kereta jika sudah beroperasi.

Pengamat transportasi Djoko Setijowarno, memperkirakan besaran tiket menggunakan kereta ini paling rendah akan mencapai Rp 500.000/orang untuk sekali perjalanan dari Jakarta menuju Surabaya atau sebaliknya.


"Bisa ratusan ribu itu. Bisa di atas Rp 500 ribu. Pesawat terbang berapa itu, bisa jadi seperti itu. Mahal lah," kata Djoko saat dihubungi detikFinance, Jumat (5/4/2013).


Djoko mengatakan, besaran tersebut masih perhitungan kasar, karena mengingat jarak tempuh dan biaya investasi proyek ini pun tergolong cukup mahal. "Tiket mahal itu karena konstruksinya mahal," imbuhnya.


Menurutnya, besaran tarif tersebut tergolong wajar, jika diimbangi dengan pelayanan serta kenyamanan dari moda kereta cepat. Jika layanan kenyamanan kereta cepat ini bisa setara dengan pesawat terbang, maka ia yakin para penumpang akan beralih menggunakan kereta daripada pesawat udara.


"Sebenarnya kalau kereta itu kalau orang naik pesawat terbang itu bisa beralih dari pesawat naik kereta. Tapi keretanya harus senyaman pesawat. Kenyamanan dan ketepatan waktunya itu orang nggak masalah membayar seperti itu," tutupnya.


Seperti diketahui, pemerintah tengah melakukan studi kereta cepat Jakarta-Surabaya yang panjangnya diperkirakan mencapai lebih dari 700 km. Studi ini akan selesai pada tahun 2015 nanti.


Jika terealisasi, kereta tersebut diperkirakan bisa melesat dengan kecepatan 300 km/jam, sehingga waktu tempuh Jakarta-Surabaya akan lebih cepat.


(hen/ang)