Ini Alasan Pelni Baru Pakai Pelumnas Pertamina Setelah Dirayu 13 Tahun

Jakarta - Sejak 2001, PT Pelni (Persero) dirayu agar seluruh kapalnya menggunakan pelumas Pertamina. Namun baru 2013 ini Pelni setuju menggunakan pelumas Pertamina di 10 kapal miliknya. Kenapa?

"Kita sudah lama juga menggunakan oli itu (bukan pelumas pertamina), apalagi Kapal Pelni itu berlayar 24 jam sehari selama setahun dan hanya berhenti istirahat selama 15 hari/tahun. Kami khawatir jika menggunakan pelumas lain dan tidak cocok terjadi engine down," ucap Yusabella Sahea di acara penandatanganan perjanjian kontrak pembelian pelumas antara Pertamina dengan Pelni di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (5/4/2013).


Dikatakan Yusabella, untuk tahap awal, baru 10 kapal Pelni menggunakan pelumnas Pertamina. Saat ini Pelni mempunyai 35 kapal, jika tidak ada masalah, maka semua kapal akan menggunakan pelumas Pertamina.


Yusabella berharap, Pertamina bisa menjaga kualitas serta suplai pelumasnya. "Dari produknya sih kami tidak khawatir, tapi takutnya dari gudang Pertamina ke pelabuhan di tengah jalan belok dulu. Selain itu 35 kapal kami singgah di 95 pelabuhan di Indonesia, tidak hanya home base-nya di Jakarta, tapi tersebar di Surabaya, Bali, Bengkulu, dan lainnya. Kami harapkan ketika pergantian oli bisa dilakukan saat kapal merapat di pelabuhan," tandasnya.


(rrd/dnl)