Soal Kereta Tercepat di Dunia, China Juaranya!

Jakarta - Indonesia bermimpi untuk membuat kereta super cepat rute Jakarta-Surabaya. Bicara soal kereta tercepat di dunia, siapa sih juaranya?

Dilansir detikFinance, Kamis (4/4/2013) dari berbagai sumber, negara di Asia tak kalah hebat dengan Eropa dalam melahirkan kereta super cepat.


Sebut saja Shinkansen hingga kereta China terbaru CRH380A yang menempati urutan teratas kereta tercepat di dunia.


Berikut 5 kereta tercepat di dunia dari yang tercepat hingga super cepat!


5. France's TGV Reseau



Kereta ini dimiliki oleh Prancis. Kecepatannya mencapai 236 mph atau sama dengan 377 km/jam. Dalam kecepatan normal, kereta ini melaju hingga 199 mph atau mencapai 318 km/jam.


4. Shanghai's Magnetic Levitation (Maglev)



Jalur kereta Maglev ini menggunakan teknologi magnet. Kereta yang mengubungkan airport ke kota di Shanghai ini memiliki kecepatan hingga 270 mph atau mampu mencapai 432 km/jam.


3. Shinkansen



Shinkansen ini sudah sangat terkenal dan mendunia. Kecepatan kereta asal Jepang ini mampu mencapai 275 mph atau 440 km/jam. Shinkansen ini dinamakan 'Duck-Billed Platypus' karena bentuk aerodinamisnya seperti bebek.


2. Germany's Transrapid TR-09



Seperti kereta Shanghai, Jerman memang lebih dahulu memakai teknologi Maglev. Kecepatan dari kereta ini mencapai 279 mph atau 446 km/jam.


1. CRH380A



Ini dia juaranya. Kereta tercepat di dunia ada di tangan China. Melalui CRH380A (China Railway High-Speed), kereta ini mampu melesat hingga 300 mph atau mencapai 480 km/jam.


(dru/hen)