Pembangunan Bandara Kuala Namu Belum Rampung, Akses Kereta Sudah Siap

Jakarta - Proyek pembangunan Bandara Kuala Namu di Sumatera Utara belum rampung, padahal akses kereta bandara tersebut sudah siap. Alasannya, akses darat atau jalan menuju bandara yang berlokasi di Desa Beringin, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang belum selesai dikerjakan.

Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) Bambang Susantono mengatakan, saat ini untuk proyek kereta bandara tersebut telah siap untuk dioperasikan. Pemerintah telah mengirim 2 paket kereta untuk dioperasikan PT Kereta Api Indonesia.


"Ini sebetulnya anytime bandaranya beroperasi itu bisa langsung operasi juga KA-nya, tapi kan kita masih nunggu akses jalannya, belum kelar," jelas Bambang.


Dikatakan Bambang, jika jalan akses tol dan jalan arteri menuju bandara tersebut telah selesai, maka semua proyek di provinsi Sumatera Utara tersebut akan beroperasi.


"Kita nggak mau setengah-setengah, makanya ditunda, sampai akses jalannya selesai. Jadi kita meresmikannya benar sreg," katanya.


Bambang menargetkan, tahun ini semua proyek tersebut akan beroperasi. "Kita ingin tahun ini, masa tahun depan, masa tahun depan lagi, capek kita," tutupnya.


Dari segi operasional, saat ini jalur sepanjang 28 Km telah selesai dibangun. Jalur yang sudah ada itu diremajakan oleh KAI serta satuan kerja Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.


Kereta bandara itu nantinya akan melewati Stasiun Medan-Aras Kabu-Kuala Namu. Jalur yang saat ini telah ada adalah Stasiun Medan-Stasiun Aras Kabu, sedangkan selebihnya merupakan jalur baru.


(zul/hen)