Jalur Kereta Ganda Jakarta-Semarang Layani Arus Mudik Lebaran Tahun Ini

Jakarta - Pemerintah menargetkan proyek kereta double track Jakarta-Surabaya akan dapat beroperasi pada awal tahun 2014 nanti. Saat ini, total pengerjaan baru mencapai 70%.

Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono mengatakan, pemerintah menargetkan penyelesaian proyek tersebut akan dilakukan secara bertahap. Namun, sebelum hari raya Idul Fitri, double track Jakarta hingga Semarang sudah dapat beroperasi.


"Kalau double track kita rencananya 31 Desember 2013 ini. Kini sedang dipacu. Kalau targetnya dirjen itu ada satu pengoperasian secara bertahap, di mana kita ingin pada waktu lebaran ini Jakarta-Semarang sudah beroperasi," kata Bambang di acara Inauguration And Seminar of IRSE di Ballroom Ritz Carlton Hotel, Mega Kuningan, Jakarta, Kamis (4/4/2013).


Diungkapkan Bambang, beberapa titik proyek tersebut masih terkendala proses pembebasan lahan. Namun, diharapkan dalam waktu dekat, kendala tersebut dapat segera tertangani. Hingga saat ini, proyek tersebut telah terselesaikan 70%.


"Kita sudah operasikan Tegal Pekalongan itu sudah full, kemudian Pekalongan Brebes sudah full. Cirebon-Brebes yang 60 km itu masih ada beberapa spot yang kita harapkan akan clear dalam waktu beberapa bulan ini, kemudian pekalongan semarang yang 90 km itu," jelasnya.


"Memang masih ada masalah tanah, harus diakui, masih ada yang dalam proses negosiasi dan sebagainya. Mudah-mudahan pada waktunya itu akan clear," imbuhnya.


Diharapkan, paling lambat menjelang hari raya Idul Fitri di mana masyarakat melakukan mudik, double track jalur Jakarta Semarang sudah dapat dioperasikan.


"Tujuan kita membangun double track itu kan mengurani beban jalan, dan meningkatkan mobilitas penumpang," cetusnya.


(zul/ang)