Ini 3 Rahasia dari Dahlan Iskan Agar Indonesia Bisa Maju

Jakarta - Banyak cara yang bisa dilakukan Indonesia agar ekonominya bisa maju. Menteri BUMN Dahlan Iskan menyebutkan, ada 3 hal yang dimiliki oleh Indonesia sehingga ekonominya bisa bangkit. Apa saja?

Saat menjadi pembicara dalam acara 'To Be The Top Entrepreneur' yang diadakan di Universitas Islam Bandung, Dahlan mengatakan, hal pertama adalah, ada negara yang bangkit dengan membangun ekonomi kecil atau pengusaha UKM, contohnya Taiwan.


Kedua, ada negara yang bangkit karena peranan konglomerasi atau pengusaha besar, contohnya adalah Korea Selatan. Lalu ketiga ada negara yang bangkit karena peranan perusahaan-perusahaan mili negara atau BUMN, ini contohnya adalah Singapura.


"Nah, Indonesia mempunyai tiga-tiganya. Sehingga untuk bangkit sudah sangat cukup potensinya. Tinggal kita saja untuk memanfaatkan seluruh potensi keunggulan yang kita miliki," jelas Dahlan dalam acara tersebut, seperti disampaikan Kepala Humas Kementerian BUMN Faisal Halimi kepada detikFinance, Sabtu (6/4/2013).


Dahlan menceritakan, awal kebangkita ekonomi Taiwan yang dimulai dari pengusaha-pengusaha kecil. Mantan Dirut PLN ini ingin Indonesia juga bisa meniru kesuksesan negara-negara tersebut,


"Pengusaha kecil di Taiwan berusaha dengan bahasa Inggris yang terbatas dengan modal kalimat barang ini bagus, dan barang ini murah atau this is good. Jadi apapun pertanyaan pembeli selalu jawabannya seperti itu. Dan akhirnya mereka berhasil dan bangkit di bidang ekonominya, majunya luar biasa," tutur Dahlan.


(dnl/dnl)