Pertamina: Solar Subsidi Banyak Dinikmati Kendaraan Komersil

Jakarta - Harga solar subsidi dan bensin premium dijual sama Rp 4.500/liter, subsidi yang dikeluarkan pemerintah untuk tiap liter mencapai Rp 5.500. Tapi sayang, 98% solar subsidi justru dinikmati oleh kendaraan-kendaraan komersil.

"Sebagian besar solar subsidi itu justru dinikmati kendaraan komersial," kata Vice Presiden Fuel Marketing PT Pertamina (Persero) M. Iskandar ketika dihubungi, Selasa (9/4/2013).


Dikatakan Iskandar, kendaraan komersil yang paling banyak menikmati solar subsidi di antaranya bus, mobil travel, truk, mobil box, dan lainnya.


"Ya yang pakai solar subsidi itu kebanyakan bus, travel, truk angkut, mobil box dan lainnya yang komersil," ujar Iskandar.


Sementara hanya 8% solar subsidi itu yang dinikmati oleh kendaraan pribadi, karena kendaraan pribadi lebih memilih menggunakan solar non subsidi. "Kendaraan seperti Fortuner, Panther, Innova dan lainnya, itu pakai solar subsidi hanya 8% saja," tandasnya.


Seperti diketahui, tahun ini subsidi BBM untuk solar dianggarkan sebesar 15,11 juta kiloliter (KL), sedangkan untuk bensin premium sebesar 29,2 juta KL.


Tahun ini pemerintah menganggarkan Rp 193 triliun untuk BBM subsidi dengan total kuota BBM subsidi sebesar 46 juta KL.


(rrd/dnl)