Temui Pengusaha Penggemukan Sapi, Suswono Minta Harga Daging Diturunkan

Jakarta - Menteri Pertanian Suswono dan Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan dan Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Ahmad Suryana menemui para pengusaha penggemukan sapi atau Asosiasi Produsen Daging dan Feedlot Indonesia (AFPINDO).

Suswono mengimbau para pengusaha yang tergabung dalam AFPINDO menjaga agar harga daging tidak terlalu tinggi sehingga dapat terjangkau masyarakat.


"Apalagi menjelang lebaran di mana kebutuhan daging masyarakat akan meningkat, harga perlu dijaga agar harga daging bisa dijangkau," katanya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (1/5/2013)


Ia mengkhawatirkan, harga daging sapi masih tinggi menjelang lebaran dikhawatirkan akan menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat dan berdampak pada kenaikkan angka inflasi. AFPINDO menyatakan sepakat membantu pemerintah menurunkan harga daging sapi di pasaran.


"Ini tidak mudah, karena tapi kita siap membantu pemerintah menurunkan harga daging," kata seorang anggota AFKINDO Juan Adoe.


AFKINDO mengusulkan agar Kementan memajukan periode impor sapi bakalan dari Juni-September menjadi Mei-Agustus. Sehingga pada saat menjelang lebaran nanti kebutuhan stok daging cukup, dan dengan begitu harga bisa terkendali.


Dalam pertemuan tersebut Suswono mempertimbangkan masukan dari AFPINDO tersebut. Alasannya untuk memajukan jadwal impor tersebut perlu dilakukan perubahan terhadap Peraturan Menteri Pertanian (Permentan).


(hen/dnl)