Magnus Capital: Bursa Regional Beri Sentimen Negatif

Jakarta - Pada perdagangan jumat pekan lalu, IHSG bergerak fluktuatif dan ditutup menguat 143.14 poin ke level 4818.89 dengan total nilai transaksi mencapai Rp 7.8 triliun sedangkan investor asing membukukan net buy sebesar Rp 1.28 triliun. Penguatan IHSG dipengaruhi oleh sentimen positif dari bursa global dan regional.

Indeks Dow Jones pada perdagangan jumat pekan lalu ditutupmelemah -144.89 dan indeks S&P juga ditutupmelemah -6.92 poin ke level 1606.28, sedangkan indeks Nasdaq ditutup menguat 1.38 poin ke level 3403.25.


Bursa Wall st ditutup melemah, setelah pernyataan dari Gubernur The Fed Jeremy Stein menyatakan bahwa pada rapat yang akan diadakan pada bulan September mendatang, merupakan waktu yang tepat untuk mengurangi skala program QE mereka.Data ekonomi yang dirilis hari jumat pekan lalu seperti Business Activity Index di Middle West menurun pada bulan Juni menjadi 51.6 dari 58.7 di bulan Mei , namun consumer sentiment mengalami penguatan pada bulan Juni menjadi 84.1, lebih baik yang diperkirakan oleh analis yaitu pada level 82.8.


Indeks regional pagi ini dibuka mixed cenderung melemah, diperkirakan akan memberikan sentimen yang negatif bagi pergerakan IHSG. Secara teknikal, IHSG berhasil menembus downtrend channel resistance dan berhasikmenutup 2 gap down yang pernah dibuat. Indeks diperkirakan akan bergerak mixed cenderung melemah pada kisaran 4750-4875. Cermati saham MAIN, UNVR, ROTI, MYOR, ICBP.


(ang/ang)