Jero Wacik Minta Polisi Tangkap Maling Minyak yang Rugikan Negara

Jakarta - Pencurian minyak akhir-akhir ini marak terjadi, mulai di Sumatera, Balongan, hingga Tasikmalaya. Menteri ESDM Jero Wacik meminta pihak kepolisian tegas dan segera menangkap para maling minyak tersebut karena telah merugikan negara.

"Kita minta tangkap saja (maling minyak), karena telah merugian negara," tegas Jero ketika di sela acara halalbihalal di Plaza Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (13/8/2013).


Jero menyatakan, pencurian minyak makin mengkhawatirkan. Beberapa waktu lalu telah terjadi tiga pencurian di tiga daerah.


"Pertama di Sumatera tepatnya di Tempino menuju Plaju, di mana akibat maraknya pencurian, produksi minyak dihentikan sebesar 12.000 barel per hari. Kedua pencurian solar di Balongan, dan ketiga pencurian premium di Tasikmalaya, saat ini penjagaan sudah dilakukan ketat, Tasik sudah normal, Balongan juga," ungkap Jero.


Pada kesempatan tersebut, Jero mengatakan, aksi pencurian minyak sangat berbahaya, karena mereka mencuri minyak melalui pipa.


"Itu bahaya, selain merugikan negara karena itu punya negara, mereka itu melubangi pipa minyak ada percikan api sedikit saja pertama lingkungan didekatnya bisa celaka, si pencurinya juga bisa terbakar dilahap api, jadi ini harus segera dihentikan," jelas Jero.


(rrd/dnl)