Citilink Angkut 25 Ribu Penumpang/Hari di Musim Lebaran, Naik 25%

Jakarta - Citilink 'kebanjiran' penumpang di musim lebaran tahun ini. Anak usaha PT Garuda Indonesia Airlines Tbk (GIAA) ini mampu mengangkut hingga 25 ribu penumpang per hari saat momen mudik lebaran dari yang biasanya hanya 20 ribu penumpang per hari.

"Periode H-7 dan H+7 lebaran kapasitas tempat duduk kita naik 25% dari 20 ribu penumpang per hari menjadi 25 ribu penumpang per hari di periode lebaran," kata Direktur Utama Citilink Arif Wibowo saat ditemui di Kantor Pusat PMI, Jakarta, Selasa (13/8/2013).


Dia menyebutkan, dari kenaikan penumpang tersebut paling banyak melayani rute wilayah Jawa seperti tujuan Surabaya dan Semarang.


"Luar pulau Jawa juga banyak seperti Denpasar, Balikpapan, Pekanbaru, dan Ujungpandang (Makassar), tapi paling banyak ke pulau Jawa," ujarnya.


Dia mengatakan, saat ini rata-rata penumpang maskapai penerbangan berbiaya murah itu mencapai 500-600 ribu per bulannya dan ditargetkan bisa mengangkut penumpang sampai akhir tahun mencapai 6,5 juta penumpang.


Sementara itu, meningkatnya jumlah penumpang juga karena adanya penambahan jumlah pesawat dibanding tahun 2012 yang hanya mengoperasikan 10 armada.


"Tahun lalu kita hanya punya 10 pesawat, sekarang kan 22 pesawat, itu juga menambah jumlah penumpang," kata dia.


(ang/ang)