Kereta Asal Korea untuk Bandara Kualanamu Tiba 2 Minggu Lagi

Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan mendatangkan 2 rangkaian kereta diesel dari Korea Selatan untuk menambah armada layanan Kereta Bandara Kualanamu, Sumatera Utara. Selama ini, kereta Bandara Kualanamu masih memakai rangkaian kereta diesel pinjaman dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Ignasius Jonan menjelaskan, kereta tersebut didatangkan demi menambah kapasitas kereta yang telah beroperasi di Bandara Kualanamu. Diharapkan, pada Bulan September 2 rangkaian kereta tersebut akan mulai beroperasi.


"Sehari penumpang di Kereta Bandara Kualanamu penuh terus. 80%-100% setiap hari. Jumlahnya 2.500 orang, kita ingin tingkatkan menjadi 6.000 orang dalam sehari," tutur Jonan saat ditemui di Stasiun Tanah Abang, Tanah Abang, Jakarta, Senin (12/8/2013).


Alasan Jonan memilih kereta dari Korea tersebut karena produknya bagus dan harganya terjangkau. Namun sayangnya, Jonan tidak menyebutkan berapa PT KAI harus merogoh kocek demi mendatangkan kereta tersebut.


"Nanti datang 2 minggu lagi," katanya.


Selain itu, di kesempatan itu Jonan mengatakan, dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Indonesia, mulai tanggal 11 Agustus, tiket untuk 1 kali perjalanan Kereta Bandara Kualanamu turun menjadi Rp 60.000. Namun, promo ini berlaku hanya sampai 31 Agustus 2013 mendatang.


"Itu Promosi kemerdekaan, setelah itu normal lagi (Rp 80.000)," jelasnya.


(zul/hen)