Suswono Sebut Bulog Terlalu Banyak Ambil Untung Jual Daging Impor

Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Suswono menilai Perum Bulog terlalu banyak mengambil untung ketika menjual daging sapi impor dalam rangka operasi pasar. Sehingga penurunan harga sapi khususnya pada Puasa dan menjelang Lebaran tidak terjadi.

"Bulog menjual harga daging sapi Rp 86.000-Rp 85.000 per Kg pada operasi pasar, menurut saya itu terlalu tinggi," ucap Suswono ditemui di Kantor Kementerian Pertanian, Senin (12/8/2013).


Dikatakan Suswono, seharusnya harganya jauh di bawah harga yang dijual Bulog karena Bulog membeli daging dari Australia dengan harga murah. "Karena dia (Bulog) membelinya sangat murah," ujar Suswono.


Apalagi kata Suswono, saat awal pemberian jatah impor daging sapi ke Bulog, Bulog janji untuk menjual daging sapi hanya Rp 75.000 per Kg.


"Janjinya dulu ke kita mau menjual daging sapi Rp 75.000 per Kg, bahkan menjual Rp 75.000 per Kg Bulog masih dapat untung kok," katanya.


Suswono meminta Kementerian Perdagangan untuk kembali melakukan evaluasi. "Hal seperti ini perdagangan akan melakukan evaluasi kembali," tandasnya.


(rrd/hen)