Ada Tren Pejabat Hingga Menteri Mudik Naik Kereta, Ini Tanggapan Bos KAI

Jakarta - Tren mudik menggunakan kereta api tak hanya terjadi pada masyarakat umum saja. Kalangan pejabat tinggi hingga menteri pun menggunakan jasa kereta api untuk pulang ke kampung halaman.

Misalnya Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini yang mudik ke Tasikmalaya dan Menteri Pertanian Suswono yang mudik ke Tegal, Jawa Tengah dengan kereta api, dan beberapa pejabat lainnya.


Apa tanggapan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Ignasius Jonan?


Jonan mengatakan sebenarnya kalangan menengah ke atas atau khususnya kelas pejabat telah lama menggunakan kereta api untuk mudik. "Itu sudah dari dulu, tapi semakin lama semakin naik (trennya)," kata Jonan saat ditemui di Stasiun Tanah Abang, Tanah Abang, Jakarta, Senin (12/8/2013).


Jonan mengatakan, hal tersebut tak terlepas dari layanan PT Kereta Api Indonesia yang terus menerus semakin membaik. Contohnya untuk kelas ekonomi yang kini menggunakan AC.


"Saya rasa iya (karena peningkatan layanan)," katanya.


Tren ini juga dipicu karena animo masyarakat terhadap transportasi kereta api terus meningkat. Jonan mengaku bersyukur dan berterima kasih, karena layanan PT KAI dalam menyediakan jasa transportasi diterima berbagai kalangan, termasuk para pejabat.


"Saya berterima kasih karena animo masyarakat untuk naik kereta api semakin tinggi. Kami berusaha memberikan layanan yang lebih baik, sesuai dengan harga tiket yang dibayar oleh masyarakat," katanya.


(zul/hen)