Wah, India Ciptakan Kapal Induk Sendiri Rp 47 Triliun

New Delhi - India telah berhasil menciptakan kapal induk buatan sendiri. Rencananya, kapal induk yang menghabiskan biaya US$ 5 miliar atau sekitar Rp 47,5 triliun ini akan diluncurkan hari ini atau 2 tahun lebih lambat dari jadwal.

Peluncuran kapal induk pertama buatan India ini bakal dihadiri oleh jajaran diplomat dan staf departemen pertahanan berbagai negara, termasuk Inggris, Prancis, Rusia, dan AS.


"Butuh 7-8 tahun untuk mendesain kapal ini," ujar Kepala Desainer kapal induk bernama A.K. Saxena ini yang tak mau disebut namanya, dikutip dari AFP, Senin (12/8/2013).


Peluncuran kapal induk ini dilakukan beberapa hari setelah India mengumumkan kapal laut peluncuran nuklir pertama buatannya.


Pemerintah India memang telah menghabiskan puluhan miliar dolar untuk memperbaharui aset-aset persenjataannya, untuk memperkuat pertahanan negaranya.


Menyambut peluncuran kapal peluncur roket nuklir, Perdana Menteri India Manmohan Singh mengaku senang atas pencapaian negaranya tersebut. Sementara terkait dengan kapal induk, kapal seberat 40 ribu ton ini akan diluncurkan di pelabuhan Cochin yang luasnya cukup untuk kapal tersebut.


Setelah berbagai uji coba, kapal induk ini rencananya akan bergabung dengan angkatan bersenjata India pada 2018. Rencananya, pemerintah India telah menganggarkan US$ 112 miliar atau Rp 1.000 triliun lebih untuk membeli persenjataan baru pada 2010 hingga 2016.


(dnl/hen)