Genjot Pendapatan, Capitol Nusantara Beli Kapal AHTS US$ 6 Juta

Jakarta -Emiten pelayaran PT Capitol Nusantara Indonesia Tbk (CANI) akan membeli satu buah kapal jenis AHTS seharga US$ 6 juta. Rencananya, kapal tersebut sudah bisa didatangkan Juni tahun ini. Pembelian kapal ini dilakukan untuk menggenjot pendapatan perseroan di tahun ini.

Komisaris Perseron Yanuar Wijaya mengatakan, pihaknya membutuhkan tambahan kapal untuk bisa terus meningkatkan kinerja perseroan. Saat ini, perseroan punya sedikitnya 27 unit kapal Tunda, 5 unit AHT/Anchor Handling Tug Supply (AHTS), 26 unit kapal tongkang dan 2 unit Floating Crane.


"Kita akan nambah 1 kapal AHTS nilainya US$ 6 juta. Kapal Juni-Juli bisa didatangkan, diharapkan bisa meningkatkan kinerja kami," ujar dia usai pencatatan saham perdananya di Gedung BEI, Jakarta, Kamis (16/1/2014).


Dia menjelaskan, perseroan telah menyiapkan dana dari hasil Initial Public Offering (IPO) untuk pembelian kapal ini sebesar Rp 41 miliar. Kekurangannya, perseroan meminjam kepada Bank Mandiri sebesar US$ 6 juta.


"Kita nambahnya dari perbankan US$ 6 jutaan dari Bank Mandiri, saat ini belum cair," kata dia.


Nantinya, dia menyebutkan, pembelian kapal ini bakal berkontribusi terhadap pendapatan perseroan.


"Cukup signifikan ini nilainya. Kontribusi per bulan bisa US$ 250-300 ribu sewanya," ucapnya.


Dengan penambahan kapal tersebut, perseroan optimistis bisa meraih pendapatan US$ 10-15 juta hingga Juni 2014.


Saat ini, total pendapatan perseroan mencapai US$ 7,8 juta. Sementara laba kotor tercatat US$ 807 ribu sedangkan laba operasi masih minus US$ 480 ribu.


"Ini ada kesempatan satu semester lagi. Tahun buku kita pakainya dari Juli 2013 sampai ke Juni 2014," tandasnya.


(drk/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!