Butuh Rp 2 T dan 32 Bulan Untuk Bangun Bandara Mal Pertama di RI

Balikpapan -Bandara The New Sepinggan di Balikpapan telah beroperasi perdana hari ini. Sepinggan jadi bandara pertama dengan mal di Indonesia. Pembangunan bandara ini membutuhkan Rp 2 triliun.

Selain itu, proses pembangunan bandara dengan konsep futuristik modern eco airport ini memakan waktu 32 bulan, sejak Agustus 2011.


Kini, Angkasa Pura (AP) I selaku perusahaan pengelola bandara Sepinggan masih akan tetap melakukan memperbaiki dan meningkatkan pelayanan bandara yang ada di Indonesia, khususnya yang ada di bagian tengah dan timur. Beberapa bandara sudah dirombak dan hasilnya cukup memukau seperti bandara di Makassar, Bali, dan Surabaya.


"Tantangan kita investasinya yang mahal, kalau mau bagus kan investasinya enggak sedikit. Tapi kita harus menuju ke sana, itulah bandara. Itulah business services,: kata General Manager Bandara Sepinggan Balikpapan Wendo Asrul Rose kepada detikFinance di bandara Sepinggan, Balikpapan, Sabtu (22/3). Tetapi ia belum menyebutkan bandara apa yang akan diremajakan AP I.


Tak dapat dipungkiri, masalah waktu serta biaya yang besar menjadi tantangan bagi Angkasa Pura I untuk memperbaiki bandara-bandara miliknya. Untuk Bandara Sepinggan saja, kata Wendo, sudah menelan investasi hingga Rp 2 triliun.


Dana itu, kata Wendo, selain untuk terminal penumpang seluas 110.000 meter persegi, juga untuk membangun gedung parkir seluas 77.000 meter persegi, fly over dan infrastruktur lain, serta dua hanggar, apron, dan kargo. "Itu (Rp 2 triliun) semua dari pinjaman Angkasa Pura kepada sindikasi perbankan nasional, leadnya Bank Mandiri," tambahnya.


Lewat desain yang benar-benar modern dan sistem yang sudah terintegrasi, Wendo sangat berharap bandara New Sepinggan bisa meraih pengharagaan 'best services airport 2014'. Lebih dari itu, menurutnya Angkasa Pura I juga sangat ingin agar masuk jadi salah satu bandara terbaik di Asia.


"Sebenarnya 8 bandara terbaik dunia ada di Asia, jadi kalaupun hanya masuk di urutan 9 atau 10 pun sudah hebat," ujarnya.


(ros/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!