Kata Pelaku Pasar Saham Soal Jokowi, Pemilu, IHSG, dan Rupiah

Jakarta -Perhelatan pemilu di tahun ini sedikit banyak bakal mempengaruhi kinerja pasar saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Diperkirakan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bakal meroket hingga 20% hingga akhir tahun, bila presiden baru terpilih adalah harapan masyarakat.

Direktur Bahana Securities Budi Hikmat mengakui, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) memang merupakan capres harapan kalangan pelaku pasar saham dan keuangan.


"Jokowi harapan pasar iya. Kita mulai election euforia. Kita lihat nanti siapa yang terpilih. Jika yang terpilih problem solves (bisa menyelesaikan masalah), punya harapan bagi besar bagi Indonesia, indeks bisa naik 20% sampai akhir tahun," ujar Direktur Bahana Securities Budi Hikmat saat ditemui di Gedung BEI, Jakarta, Jumat (21/3/2014).


Budi menjelaskan, beberapa waktu terakhir, Jokowi memang dinilai sebagai salah satu pendorong pasar saham menjadi positif. Namun, sentimen positif tersebut harus dibarengi dengan berlangsungnya pemilu yang aman. "Tapi harus dilihat juga yakin nggak pemilu aman, itu juga mempengaruhi," katanya.


Selain itu, pendorong sentimen dari domestik juga tak lain soal kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) yaitu BI Rate. Pasar memprediksi pergerakan indeks akan melesat jika BI tidak lagi menaikkan suku bunganya.


"Pendorong domestik lainnya yaitu BI Rate nggak perlu naik karena ekonomi sudah melambat. Dulu, saat pemilu kenaikan IHSG sempat 40% karena dulu ekonomi global seperti AS dan China kenceng jadi butuh komoditi dari kita, sekarang kan nggak," terang dia.


Budi menambahkan, harapan kenaikan terhadap IHSG juga bakal diikuti menguatnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. Diprediksi, dolar akan berada di level Rp 11.400 jika pemimpin yang terpilih yang menjadi harapan pasar.


"Dolar ya bisa di Rp 11.400 itu angka yang bagus, kalau pemimpinnya cocok ya," tutup dia.


(drk/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!