Mulai Beroperasi, Airport Tax Bandara Mal Pertama di RI Masih Rp 40 Ribu

Balikpapan -PT Angkasa Pura I (AP I) dan seluruh maskapai penerbangan yang beroperasi di bandara Sepinggan tadi malam melakukan boyongan. Secara bersama-sama mereka semua pindahan dari terminal bandara yang lama ke bandara baru atau New Sepinggan yang berjarak sekitar 50 meter.

Pindahan itu dilakukan sebab terminal baru Sepinggan sudah mulai beroperasi penuh tercatat mulai hari ini.


Walaupun sudah terminal baru, tarif pajak bandara (airport tax) yang diterapkan masih sama seperti bandara lama, Rp 40 ribu. Tetapi, General Manager Bandara Sepinggan Balikpapan Wendo Asrul Rose menegaskan, tarif itu hanya berlaku sementara dan dipastikan akan diubah.


"Belum ada kita berlakukan tarif baru begitu running hari ini. Nanti biasanya setelah running beberapa lama, baru kita berlakukan tarif baru," kata dia kepada detikFInance di bandara Sepinggan, Balikpapan, Sabtu (22/3/2014).


Namun Wendo belum menyebutkan bandara berapa tarif baru yang nanti akan diberlakukan kepada para penumpang. "Begitu nanti sudah berjalan beberapa lama baru kita sesuaikan," kata Wendo.


Terminal baru Sepinggan mulai resmi beroperasi sejak kemarin ketika melayani joy flight yang dilakukan maskapai Garuda Indonesia. Sebanyak 80 orang anak yatim beserta para pejabat setempat serta direktur perusahaan AP I dan Garuda dilayani sesuai prosedur mulai dari check-in, hingga boarding. Bahkan di dalam pesawat pun pelayanan diberikan sesuai standar yang berlaku.


Sementara untuk penerbangan komersil, maskapai pertama yang terbang melalui terminal baru itu yakni Lion Air rute Balikpapan-Jakarta, pukul 06.00 WITA. Pesawat komersil pertama yang mendarat yakni milik maskapai Garuda rute Jakarta-Balikpapan.


Penumpang yang pertama tiba tersebut rencananya akan disambut dan diberi kalungan bunga oleh Gubernur Kalimantan Timur yang dijadwalkan pada pukul 9 pagi waktu setempat.


Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan dipastikan menjadi bandara terbesar di kawasan timur Indonesia. Beroperasinya terminal baru Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan ini merupakan komitmen dari Angkasa Pura I untuk meningkatkan layanan kepada pengguna jasa bandara.


Selama ini, Bandara Internasional Sepinggan telah mengalami over capacity. Dengan kapasitas hanya 1,7 juta penumpang per tahun, bandara kebanggaan masyarakat Kalimantan Timur ini telah melayani 6,4 juta penumpang di tahun 2013, tumbuh 16% dibanding tahun 2012 yang berjumlah 5,6 juta penumpang.


(ros/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!