Sepi Peminat, Pemasangan RFID di Sebagian SPBU Akhirnya Ditutup

Jakarta -Animo masyarakat Jakarta untuk memasang alat monitoring dan pengendalian BBM subsidi (RFID) makin turun, bahkan penurunannya hingga 40%. Akibatnya PT Inti (Persero) menutup sebagian besar posko pemasangan RFID di SPBU.

"Dulu posko pemasangan RFID sebagian besar berada di SPBU, ada sekitar 68 posko di SPBU, tapi saat ini makin sedikit yang pasang, sehingga kita tutup, tapi masih ada 8 posko yang buka di SPBU," ungkap Manajer Sosialisasi Sistem Monitoring Pengendalian BBM PT Inti Andy Nugroho kepada detikFinance, Minggu (23/3/2014).


Andy mengatakan, untuk meningkatkan kembali animo masyarakat untuk memasang RFID, pihaknya mengubah trategi dengan membuka pemasangan RFID di pusat belanja (mal) dan ruang publik lainnya.


"Posko pemasangan RFID sekarang dominan di mal dan ruang publik lainnya. Tujuannya agar masyarakat lebih nyaman dan tidak mengganggu lalu lintas, karena kapasitas parkir ruang publik lebih besar daripada SPBU," katanya.


"Saat ini total pemasangan RFID di mobil warga Jakarta sudah mencapai 290.000 unit kendaraan lebih," tutupnya.


8 Posko pemasangan RFID di SPBU, yakni:



  • SPBU 34-13421 Jalan I Gusti Ngurah Rai Pondok Kopi, Jakarta Timur.

  • SPBU 34-13911 Jalan Alternatif Sisi Tol Pulo Gebang, Cakung, Jakarta Timur.

  • SPBU 34-13208 Jalan Rawa Mangun Muka, Pulo Gadung, Jakarta Timur.

  • SPBU 34-13414 Jalan Basuki Rachmat 64, Cipinang, Jatinegara

  • SPBU 34-13410 Jalan Raden Inten, Duren Sawit, Jakarta Timur.

  • SPBU 34-13908 Jalan Bekasi Raya, Jakarta Timur.

  • SPBU 34-13903 Jalan Raya Penggilina, Jakarta Timur.

  • SPBU 34-13413 Kompel Cipinang Elok, Jatinegara, Jakarta Timur.




Seperti diketahui, PT Pertamina (Persero) merencanakan menerapakan teknologi RFID dalam mendata penyaluran BBM subsidi. Direncanakan RFID ini terpasang di 100 juta unit kendaraan diseluruh Indonesia. Program ini ditargetkan diterapkan pada Juli 2014. (rrd/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!