Perumnas Siapkan Proyek Rp 10 Triliun untuk 3-4 Tahun ke Depan

Jakarta -Perum Perumnas menyiapkan 27 proyek baru yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia untuk 3-4 tahun ke depan. Nilai total proyek mencapai Rp 10 triliun untuk segmen properti komersial dan hunian.

Direktur Utama Perum Perumnas Himawan Arief Sugoto mengatakan proyek baru itu tersebar di Medan, Palembang, Pontianak, Jakarta, Karawang, Bandung, Cianjur, Semarang, Surabaya, Malang, dan Makassar.


"Nilai total proyek Rp 10 triliun, ini proyek berjalan selama 3-4 tahun," kata Himawan saat ditemui dalam Konferensi Pers Perum Perumnas di Kantor Perumnas, Cawang, Jakarta Timur, Kamis (20/3/2014).


Sebanyak 27 proyek diantaranya untuk hunian masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), serta beberapa proyek komersial. Pembangunan proyek ini dibedakan menjadi tiga yaitu yang dibangun di atas tanah milik Perumnas. Selain itu, ada proyek yang merupakan bentuk kerjasama serta sinergi dengan BUMN, serta yang terakhir proyek peremajaan rumah susun.


"27 proyek ada 3 kategori dikerjakan lahan kita, dikerjakan dengan BUMN dan revitalisasi rumah susun, bisa bekerjasama dengan BUMN ataupun private," ujarnya.


Himawan memberikan contoh, proyek kerjasama dengan BUMN adalah proyek pembangunan rumah untuk karyawan PTPN II, pihak PTPN II menyediakan lahan untuk pembangunan proyek ini.


"PTPN II untuk pembuatan Kota Baru Medan target pertengahan tahun ini akan peletakan batu pertama yang akan dibangun 17 ribu perumahan dengan sasaran utama PTPN dulu sisanya masyarakat," imbuhnya.


Sementara untuk proyek-proyek komersial dari Perum Perumnas ini akan pembangunannya akan dikerjakan oleh PT Propernas Griya Utama yang merupakan anak perusahaan dari Perumnas.


"Propernas yang akan kita dorong lebih komersial. 7-8 proyek yang pure komersil akan dibangun oleh PT Propernas sebagai anak perusahaan Perumnas seperti pembangunan Sentraland Semarang, Surabaya, Pontianak dan Bandung," tambahnya.


(hen/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!