Pajak Mobil Mewah Naik Jadi 125%, Wamenkeu: Orang Kaya Tetap Beli

Jakarta -Mulai bulan depan, pemerintah berencana menaikkan tarif pajak penjualan barang mewah (PPnBM) untuk mobil mewah di atas 2.500 cc, seperti contohnya Ferrari dan Lamborghini. Namun mobil mewah ini tetap akan dibeli di Indonesia.

PPnBM untuk mobil mewah dengan spesifikasi tersebut bakal naik dari 75% menjadi 125%. Tujuan aturan yang direncanakan sejak tahun lalu ini adalah untuk menahan laju barang-barang impor yang membuat neraca perdagangan Indonesia defisit, dan nilai tukar rupiah terhadap dolar anjlok.


Wakil Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengungkapkan, meskipun ada kenaikan PPnBM yang cukup signifikan, orang kaya di Indonesia akan tetap membeli mobil mewah tersebut.


"(Mobil mewah) yang belinya juga orang kaya, itu inelastis, harganya itu nggak elastis artinya mau dinaikkan harganya melalui PPnBM itu orang sudah kaya, dia bukannya beli mobil karena butuh, dia beli mobil karena senang, jadi ya akan dibeli juga. orangnya sudah kaya benar ya tetap beli meski kita naikkan PPnBM 200% pun dia akan tetap beli," kata Bambang di kantor Kementerian Keuangan, Jalan Wahidin Raya No 1, Lapangan Banteng, Jakarta, Sabtu (22/3/2014).


Akan tetapi, Bambang memperkirakan akan ada penurunan impor mobil mewah. Alasannya sebagian calon pembeli merasa keberatan dengan kenaikan PPnBM tersebut.


"Iya, kalau khusus mobil itu kita optimistis (impor berkurang) karena itu cukup berat. Mungkin ada orang yang masih rada nanggung lah, itu mungkin nggak jadi beli," imbuhnya.


Bambang menjelaskan, pemerintah harus mengambil langkah ini untuk menekan dan mengurangi defisit neraca perdagangan.


"Tapi yang penting kita mau kasih sinyal bahwa negara ini atau ekonomi negara ini harus mengurangi impor barang konsumsinya yang tidak terlalu diperlukan. Artinya yang beli nggak sembarangan. Saya saja nggak sanggup beli. Yang penting sih dari kebijakan itu kita mau beri pesan," jelasnya.


(wij/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!