Dahlan Pastikan Sumut Bebas Pemadaman Listrik Bergilir

Jakarta -Kembali beroperasinya PLTGU Belawan Gas Turbin 2.2 berkapasitas 145 megawatt (MW) dan PLTD 30 MW di Kualanamu, membuat pasokan listrik di Sumatera Bagian Utara (Sumut) dan sekitarnya telah normal.

"Sejak kemarin listrik di Medan dan sekitarnya sudah baik (normal)," kata Menteri BUMN Dahlan Iskan ditemui usai Rapat Pimpinan Kementerian BUMN di Kantor Pusat PT Bahana, Jakarta, Kamis (20/3/2014).


Normalnya pasokan listrik di Sumut tersebut, karena PLTGU Belawan GT 2.2 telah selesai diperbaiki dan telah memasok listrik hingga kapasitas 145 MW, serta tambahan dari sewa genset (PLTD) dengan kapasitas 30 MW.


"Di Medan kemarin pembangkit belawan sudah hidup, kemudian PLTD di Kualanamu 30 MW yang sebelumnya ditolak masyarakat sudah ada kesepakatan dan bisa beroperasi," ucap Dahlan.


Namun, walau pasokan listrik telah normal dan tidak ada pemadaman bergilir lagi, dengan beban listrik di Sumut mencapai 1.700 MW, tetapi bukan bukan berarti bebas pemadaman sama sekali.


Pasalnya, agar suatu wilayah kondisi listriknya andal atau bebas pemadaman walaupun ada pembangkit atau jaringan mengalami gangguan, harus memiliki cadangan pasokan listrik minimal 30%, seperti di Jawa yang memiliki cadangan pasokan listrik mencapai 35%.


"Tapi masih rawan, karena akan kembali defisit pasokan listrik jika ada pembangkit atau jaringan yang rusak," katanya.Next


(feb/rrd)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!