Mandiri Siapkan Kredit Rp 50 Triliun untuk Infrastruktur MP3EI

Jakarta -PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) menyediakan fasilitas kredit hingga Rp 50 triliun untuk proyek infrastruktur di dalam program MP3EI. Proyek pembangunan infrastruktur yang siap dibiayai antara lain pelabuhan, jalan tol, kereta api hingga bandara.

"Komitmen kami di MP3EI kita anggarkan Rp 50 triliun. Kita biayai proyek pelabuhan, jalan tol, pelabuhan udara," kata Direktur Institutional Banking Bank Mandiri Abdul Rachman usai Memorandum of Uderstanding dengan Semen Indonesia, di East Tower, Jakarta, Jumat (21/3/2014).


Dari komitmen pembiayaan senilai Rp 50 triliun itu, sampai saat ini Mandiri telah mengucuri kredit infrastruktur di dalam program MP3EI senilai Rp 15 triliun.


"Kan di MP3EI ada untuk kontruksi. Itu untuk bangunan, jembatan, jalan dan sebagainya. Kita sudah berikan Rp 15 triliun," sebutnya.


Diakui Abdul, fasilitas pembiayaan untuk proyek infrastruktur masih sangat diperlukan. Karena para debitur seperti BUMN operator pelabuhan, bandara hingga jalan tol terus melakukan ekspansi dan pembangunan.


"Itu masih jalan, ada 4 pelabuhan di Indonesia yakni Pelindo I-IV, itu pelabuhan masih dikembangkan. Sekarang masih dikembangkan airport Banjarmasin, Yogya, Semarang. Yang itu butuh semen dan kontruksi," jelasnya.


(feb/zul)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!