Wamenkeu: Sekolahkan Anak ke Luar Negeri Bagian Dari Investasi

Jakarta -Investasi tidak hanya dinilai dari uang, emas, ataupun saham. Bagi Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Bambang Brodjonegoro, pendidikan adalah salah satu dari apa yang dinamakan investasi.

Bambang meminta seluruh orang tua di Indonesia agar tidak ragu menyekolahkan anaknya hingga jenjang tertinggi. Bahkan bila perlu, si anak bisa disekolahkan ke luar negeri.


"Menyekolahkan anak di luar negeri itu bukan masalah biaya tetapi itu adalah bagian dari investasi. Pendidikan adalah investasi apalagi sekolah di luar negeri. Investasi harus berani agar mendapatkan retain yang jauh bermanfaat lagi nantinya," ungkap Bambang saat acara Peluang Studi ke Universitas Amerika Serikat yang bermutu di Aula Mezzanine-Kementerian Keuangan, Jalan Wahidin Raya No 1, Lapangan Banteng, Jakarta, Sabtu (22/3/2014).


Tidak hanya keluarga yang diuntungkan, negara pun juga diuntungkan karena mendapatkan sumber daya manusia yang berkualitas.


"Kita perlu manusia yang berpendidikan dan berwawasan luas. Suatu hari kita bisa melihat, negara kita dikelola orang yang pintar, benar dan punya hati serta punya rasa nasionalisme tinggi. Sehingga bisa mengelola dengan baik negara ini," imbuhnya.


Untuk mendukung peningkatan sumber daya manusia, pemerintah tidak diam. Bambang menuturkan dari 20% dana APBN yang dialokasikan untuk pendidikan, ada dana alokasi khusus beasiswa.


Beasiswa ini yang bisa membuka manusia terbaik Indonesia untuk bersekolah lebih tinggi hingga ke luar negeri termasuk ke Amerika Serikat.


"Dana pendidikan di APBN kita itu adalah 20%, ada dana yang didedikasi untuk dana abadi yaitu beasiswa. Beasiswa ini untuk orang Indonesia yang berhak selama anda diterima ke 200 universitas terbaik di dunia," imbuhnya.


Mengapa dipilih Amerika Serikat? Bambang menjelaskan mayoritas universitas terbaik di dunia ada di negara Paman Sam itu.


" Mayoritas universitas terbaik di dunia ada di AS. Kita mau terserap semua (anggaran beasiswa itu). Tetapi banyak yang ragu-ragu datang ke AS," cetusnya.


(wij/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!