Punya Rumah di Cinere, Menteri PU Tak Sabar Tol Cijago Selesai 2016

Jakarta -Dimulainya pembangunan jalan tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi II dari Cimanggis-Kukusan, Depok, Jawa Barat hari ini, tak hanya menjadi harapan masyarakat umum. Menteri Pekerjaan Umum (Menteri PU) Djoko Kirmanto juga sudah tak sabar seluruh ruas Tol Cijago hingga Cinere, Depok akan rampung pada akhir 2016.

"Saya rumah di Cinere, saya ingin ini selesai akhir 2016," kata Djokir saat meresmikan Groundbreaking Tol Cinere Jagorawi Seksi II di Pesona Kayangan, Depok, Jawa Barat, Kamis (20/3/2014).


Khusus untuk seksi II Cimanggis-Kukusan targetnya akan selesai pada tahun 2015. Proses konstruksi seksi II yang dikerjakan oleh Hutama Karya ini akan dimulai pada bulan ini dari Jalan Raya Bogor, Cimanggis sampai Jalan Margonda. Sedangkan untuk jalur dari Jalan Margonda sampai wilayah Kukusan akan dilakukan pada Juni 2014.


"Seksi II Tanah yang dibutuhkan 53 hektar, telah terbebaskan 46 hektar atau 87% diharapkan bisa terselesaikan pertengahan 2014 ini," ungkapnya.


Ia mengatakan, dengan dibangunnya tol ini otomatis akan menumbuhkan perekonomian di Kota Depok. Keberadaan tol ini harapannya bisa mengurangi kemacetan di jalan Margonda, Depok.


"Bisa dibayangkan sekarang sumpeknya seperti apa," tambahnya.


Jalan tol yang dioperasikan oleh PT Trans Lingkar Kita Jaya ini adalah bagian dari tol Jakarta Outer Ring Road II (JORR II). Tol ini terbagi menjadi 3 seksi: Seksi I telah dioperasikan sepanjang 3,7 km, seksi II sepanjang 5,5 km dari Cimanggis (Jagorawi)-Kukusan, dan Seksi III dari Kukusan-Cinere sepanjang 5,4 km. Total investasi yang dikeluarkan untuk membangun tol sepanjang 14,6 km ini senilai Rp 2,4 triliun.


Peresmian ini dihadiri oleh Wakil Menteri PU Hermanto Dardak, Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail, Pejabat Kementerian PU, para pemegang saham dan pemangku kepentingan lainnya.


(zul/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!