Hatta Ingin Subsidi Pupuk Tak Perlu Dicabut

Jakarta -Belakangan ini muncul ide pencabutan subsidi pupuk termasuk oleh Menteri Pertanian (Mentan) Suswono. Bagi Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, subsidi pupuk tak perlu dicabut.

Ia mengatakan selama ini program subsidi pupuk sudah berjalan cukup baik, namun apabila masih ada kekurangan seperti soal pendistribusian maka harus dilakukan perbaikan.


"Selama ini berjalan baik, kalau pun ada pembenahan harus kita lakukan. Jadi tidak (perlu dicabut)," ungkap Hatta usia rapat koordinasi dengan para menteri ekonomi di kantornya, Jakarta, Selasa (29/4/2014)


Menurutnya pos anggaran untuk subsidi pupuk sudah berlangsung lama dalam APBN. Subsidi pertanian yang diberikan pemerintah tak hanya pupuk, namun subsidi benih.


"Subsidi pangan selalu ada, baik menyangkut pupuk, benih," sebutnya.


Ia mengatakan soal subsidi pupuk tahap perencanaan sudah dibahas dalam APBN hingga pelaksanaan di lapangan. Setiap tahun, subsidi ini tidak ada perubahan.


"Ada mekanismenya, tiap tahun mekanisme begitu, misalkan subsidi pupuk disalurkan dari APBN kita kepada pupuk yang harganya harga subsidi," paparnyaNext


(mkl/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!