Waspada Kurma Nabi Palsu

Jakarta -Pusat grosir Tanah Abang, Jakarta Pusat, tidak hanya menjual berbagai macam pakaian. Tempat ini juga punya banyak kios yang menjual buah khas Timur Tengah, kurma.

Saat Ramadhan, permintaan kurma biasanya melonjak. Berbagai macam jenis kurma ditawarkan dari yang termurah sampai termahal. Mulai kurma yang berasal dari Mekkah, Madinah, Iran, Irak, Tunisia, hingga Amerika Serikat (AS).


Semuanya berbeda wujud, rasa, dan tentu saja harganya. Yang termahal adalah kurma azwa atau biasa dikenal dengan sebutan kurma nabi. Kualitasnya sering disebut super, sehingga dibanderol dengan harga mencapai Rp 500.000 per kg.


Namun seiring tingginya permintaan, ada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab memutar ide untuk bisa menjual produk super dengan harga murah. Alhasil, penjual curang menawarkan kurma nabi palsu dengan harga miring hanya Rp 300.000 per kg.


Pemilik Toko Al-Barokah Syarifah Banun bernama Fitria Banun mengungkapkan, perlu teliti dalam membeli kurma dengan berbagai jenis dan kualitas karena wujud kurma tidak jauh berbeda satu sama lain. Bisa jadi, masyarakat mengeluarkan harga tinggi untuk kurma yang kualitasnya biasa-biasa saja.


“Hati-hati beli kurma nabi karena ini harganya mahal. Hati-hati jangan tertipu. Banyak yang nakal, jual kurma nabi murah,” kata dia saat berbincang bersama detikFinance di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (7/7/2014).


Perempuan yang sudah 15 tahun berjualan kurma ini menjelaskan, cara penjual curang mengelabuhi pembeli yaitu dengan mengoplos kurma lulu asal Madinah yang memang tekstur dan wujudnya sama. Perbedaannya adalah garis-garis seperti serat berwarna cokelat muda di permukaan kurma nabi, sementara di kurma lulu tidak ada.Next


(drk/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!