3 Bulan Pertama, Jokowi Akan Blusukan ke 1.000 Kampung di Indonesia

Jakarta -Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) telah mempersiapkan program yang akan dilakukan dalam waktu dekat. Tiga bulan pertama, Jokowi akan blusukan pada 1.000 perkampungan kumuh di Indonesia.

"Pak Jokowi, dalam 3 bulan pertama akan datang pada 1.000 perkampungan kumuh. Nelayan petani dan akan dilakukan pendekatan kemanusiaan kepada mereka," kata Deputi Tim Transisi Jokowi-JK, Hasto Kristiyanto di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Kamis (11/9/2014).


Dari blusukan tersebut, Jokowi akan melihat permasalahan mendasar dari masyarakat. Melalui sebuah kajian cepat, maka akan disiapkan instruksi presiden (inpres) sebagai kebijakan.


"Nantinya akan dikeluarkan suatu perintah atau instruksi presiden," sebutnya.


Kebijakan yang dikeluarkan adalah terkait dengan fasilitas pelayanan umum meliputi sarana dan prasarana hingga modal kerja melalui pendekatan dari perbankan. Kemudian juga terkait pendidikan dan kesehatan.


Menurutnya masalah yang dialami masyarakat kelas bawah masih sama yaitu seputar penyakit tipus dan busung lapar serta masalah sanitasi atau air bersih dan modal kerja usaha.


"Jadi kebutuhan masyarakat setempat akan menjadi prioritas. Sehingga masyarakat tahu, ada kekuasaan yang berpihak ditunjukkan," terang Hasto.


Presiden Terpilih Jokowi juga nantinya akan melakukan perbaikan rumah masyarakat miskin yang kondisinya tidak layak. Kemudian peningkatan kualitas hidup manusia melalui alokasi anggaran yang lebih produktif.


Dari sisi pendidikan, juga akan dilakukan wajib belajar 12 tahun tanpa pungutan. Hasto mengatakan hal ini sudah didukung oleh pemerintahan sekarang.


"Selanjutnya adalah aspek sistem produksi, seperti dari pertanian dan kelautan yang menjadi prioritas," ujarnya.


(mkl/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!