CT Rapat Tertutup dengan Menteri Ekonomi Malaysia dan Thailand di Aceh, Apa yang Dibahas?

Banda Aceh -Menteri Koordinator bidang Perekonomian Chairul Tanjung sore ini melakukan rapat tertutup dengan Menteri Ekonomi Malaysia Dato' Sri Abdul Wahid Qomar dan perwakilan dari Menteri Ekonomi Thailand yaitu Deputi Bidang Transport dan Sekretaris Kementerian Perekonomian Thailand Arkhom Termpittayapaisth.

Rapat ini dilakukan di sela-sela acara Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) ke-20 yang digelar di Hermes Palace Hotel, Banda Aceh, Nangroe Aceh Darussalam (NAD), Sabtu (13/9/2014).


Hadir dalam rapat tertutup ini Gubernur Aceh Zaini Abdullah, Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono, Menteri Pertanian Suswono, Ekonom Didik Rachbini, dan lain-lain.


Dalam pertemuan IMT-GT dibahas banyak hal terkait investasi dari masing-masing negara yang meliputi pertanian, tenaga kerja dan transmigrasi, perdagangan, perhubungan, pengembangan sumber daya pariwisata dan ekonomi kreatif, serta peningkatan partisipasi pemerintah daerah dan swasta.


Acara tahunan ini juga sekaligus sebagai persiapan negara-negara dalam menghadapi pasar bebas ASEAN atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang bakal dibuka pada 2015. Sedangkan khusus untuk sektor keuangan akan diberlakukan pada 2020 mendatang.


Wilayah Indonesia yang masuk dalam IMT-GT adalah 10 provinsi di Pulau Sumatera, 8 negara bagian Malaysia, dan 14 negara bagian Thailand.


(drk/wij)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!