Ide Subsidi BBM Dicabut, Setiap Daerah Dapat Jatah Rp 5 Triliun

Jakarta -Ketua Umum Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia Suryo Bambang Sulisto punya ide agar pemerintah mencabut subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM). Setelah itu, dana subsidi BBM dialihkan untuk dana pembangunan di daerah.

Ia berpandangan dana tersebut dapat dibagikan ke daerah/provinsi dengan porsi setiap daerah menerima Rp 5 triliun per tahun.


"Kadin pernah usul, gini 1 provinsi diberi Rp 5 triliun. Catatannya uang itu untuk bangun infrastruktur di daerah masing-masing," kata Suryo usai menghadiri Rakernas Kadin di Balai Kartini Jakarta, Kamis (11/9/2014).


Dengan dana sebesar itu, maka pemerintah-pemerintah daerah dapat mendanai berbagai proyek infrastruktur. Dampak jangka panjangnya dapat mendorong pemerataan pembangunan yang lebih nyata.


"Bayangkan seluruh Indonesia akan ada pembangunan. Akan bergerak sangat kuat ekonomi kita," katanya.


Ia menambahkan, dana subsidi tadi juga bisa juga dialihkan untuk mendanai berbagai proyek infrastruktur nasional seperti pembangunan kilang minyak.


"Untuk bangun kilang hanya perlu Rp 80 triliun. Ini kita Rp 360 triliun (subsidi BBM) kita malah buang-buang setiap tahun untuk biaya subsidi," katanya.Next


(hen/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!