Tol Cikampek-Palimanan Bisa Dilewati Lebaran 2015, Tapi Belum Diresmikan

Jakarta -Pemerintah memastikan proyek tol Cikampek-Palimanan akan segera selesai pertengahan tahun depan. Saat ini progres pembangunan tol ini mencapai 40%.

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan, pihak dari badan usaha jalan tol (BUJT) yaitu PT Lintas Marga Sedaya menjanjikan tol ini sudah bisa dilewati saat lebaran tahun depan.


"Cikampek-Palimanan pembebasan tanah sudah selesai, sekarang dikerjakan semua lini, sudah banyak yang dibeton. Tetapi yang punya jalan tol menjanjikan ke pada kami, pada hari raya 2015 sudah bisa dilewati tapi belum diresmikan," kata Djoko saat berbincang dengan wartawan di kantornya, Jalan Pattimura, Jakarta, Jumat (12/9/2014).


Djoko mengatakan, meski sudah selesai dan bisa dilewati, tol yang merupakan jaringan dari tol Trans Jawa itu tak bisa langsung diresmikan, karena akan dilakukan uji kelayakan terlebih dahulu.


"Menurut perhitungan saya, akhir 2015 itu sudah selesai," tambahnya.


Lebih lanjut Djoko mengatakan, menyusul ruas tol Trans Jawa lain yaitu ruas Pejagan-Pemalang untuk seksi Pejagan-Brebes yang akan selesai pada pertengahan tahun 2016.


"Lalu Semarang-Solo sampai Bawen, dan Solo-Ngawi sebentar lagi selesai," katanya.


Sejak dibangun pada 2011 lalu, tol sepanjang 116,75 km memang molor penyelesaiannya, karena terhambat pembebasan lahan. Biaya untuk membangun tol ini mencapai hingga Rp 12 triliun.


(zul/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!