Analis: Restart MMM Cuma Akal-akalan

Jakarta -'Investasi' yang menawarkan imbalan 30% dalam dua minggu, Mavrodi Mondial Moneybook (MMM), mulai goyang. Beberapa waktu lalu, sistem investasi piramida yang dikenal juga dengan Manusia Membantu Manusia ini mengalami restart. Uang yang sudah disetor melalui Provide Help (PH) menguap.

Menurut Aidil Akbar Madjid, analis keuangan, restart ini hanyalah modus dari para pengelola MMM. Dia menilai ada dua kemungkinan.


"Pertama adalah dananya sudah cukup cukup, artinya yang Provide Help lebih sedikit dibandingkan yang Get Help (GH/minta kiriman uang). Kedua, ya uang Provide Help yang sudah banyak dibawa kabur," tuturnya kepada detikFinance, Jumat (12/9/2014).


Aidil menilai, restart-nya MMM hanyalah modus untuk menenangkan para pesertanya. Diharapkan mereka masih terbuai dan mau Provide Help (PH) lagi, supaya permainan putar uan bisa terus berjalan.


"Komputer hang, restart, itu modus mereka saja. Yang jelas sudah ada penipuan karena uang peserta hilang," tegasnya.


Berikut pengumuman soal restart MMM di situsnya:


"YTH para anggota MMM!

Sayangnya, kita harus menyatakan bahwa semua tindakan kami untuk menstabilkan situasi, sama sekali tidak ada hasilnya. Para partisipan mulai panik, dan itu hanya membuat situasi semakin buruk. Panik bisa merugikan struktur keuangan yang lain juga, tidak hanya untuk MMM. Seharusnya tidak sampai kepanikan terjadi, tetapi ketika para anggota mulai panik dan tidak percaya dengan sistem maka semuanya berujung kepada akhir. Tidak ada yang dapat Anda lakukan. Begitulah para bank dan semua sistem keuangan meruntuh.Next


(hds/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!