Bandung Bakal Punya Jalan Tol Dalam Kota

Jakarta -Kota Bandung akan memiliki jalan tol dalam kota layaknya yang sekarang beroperasi di kota Jakarta. Tol ini akan membentang dari Pasteur hingga ke Cileunyi melewati Gedebage dan Jl Soekarno-Hatta.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Achmad Ghani Ghazali kepada detikFinance, Jumat (12/9/2014).


"Itu mulai dari flyover Cikapayang (Dago) terus sampai ke Gedebage," kata Ghani.


Ghani mengatakan, saat ini Surat Penetapan Persetujuan Lokasi Pembangunan (SP2LP) belum keluar karena terkendala lahan milik instansi pemerintah pusat. Dari 21 titik lokasi tanah milik instansi pusat, baru empat yang sudah menetapkan izin prinsip.


"Kita sudah buat resmi, tapi belum dijawab. Itu SP2LP-nya belum dikeluarkan dari tahun 2012," ungkap Ghani.


Ia belum bisa memastikan kapan proyek ini bisa mulai dikerjakan. Namun ketika persoalan lahan dan teknis lainnya sudah rampung, pembangunan tol ini bakal memakan waktu sekitar 2 tahun.


Lebih lanjut Ghani menyebutkan, tol ini bakal terintegrasi dengan flyover Pasteur-Surapati di tengah kota Bandung yang sekarang sudah beroperasi. Nantinya, selain dibangun melayang (elevated), kemungkinan tol ini pun akan dibangun di bawah tanah berupa underpass.Next


(zul/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!