Cerita Tanri Abeng Soal Penyelamatan Garuda dan Kelahiran Bank Mandiri

Jakarta -Menjadi Menteri Pendayagunaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pertama RI bukan lah hal yang mudah untuk dijalani Tanri Abeng.

Ada dua tugas berat yang harus dijalani Tanri sebagai tugas pertamanya menjadi Menteri, yaitu menyehatkan Maskapai Pelat Merah PT Garuda Indonesia Tbk dan sejumlah Bank yang kini menjadi PT Bank Mandiri Tbk.


"Ada dua tugas yang paling berat yang saya jalani waktu itu," ujar Tanri Abeng saat berbincang dengan detikFinance, Rabu (10/9/2014).


Tugas berat pertama yang dijalaninya adalah memulihkan Garuda Indonesia. Tugas ini diembannya atas titah Presiden Soeharto yang ingin simbol negara ini terus mengudara.


"Saya tidak mau Garuda bangkrut. Dia harus terbang terus," kata Tanri menirukan Pak Harto kala itu.


Ia mengatakan, tugas ini bukan perkara mudah lantaran sebagai sebuah perusahaan Garuda bisa dikatakan sudah bangkrut terbebani oleh utang yang sangat besar dan manajemen yang tidak sehat.


"Saya lihat Pak Harto sangat concern dengan garuda, karena itu kan bendera kita di sana. Padahal waktu itu Garuda sudah diancam oleh kreditur-krediturnya. Dikatakan mau dirampas pesawatnya. Itu yang membuat saya pontang-panting," tutur dia.Next


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!