Pakai Teknologi Ini Mobil Bisa Bayar Tol Sambil Ngebut

Jakarta -Teknologi canggih diperkenalkan pada acara Pameran Transportasi 2014 di SMESCO Tower Jakarta. Salah satunya adalah solusi untuk mengurai kemacetan di pintu-pintu masuk atau keluar untuk pembayaran tiket tol.

Teknologi ini diperkenalkan oleh PT Alita Praya Mitra. Alat ini mirip seperti gerbang tinggi tanpa pintu namun dilengkapi sensor dan kamera. Alat ini bernama Gantry (Gate and Entry). Dengan dipasangnya Gantry di tol, mobil yang melaju kencang tidak perlu berhenti keluar/masuk tol.


"Di jalan tol untuk single line kan masih pakai gate belum multi line free flow. Ini juga bisa diintegrasikan antara jalan yg berbayar dan tidak. Dia bisa langsung jalan dengan kecepatan 150 km per jam," kata Direktur Alita Teguh Prasetya kepada detikFinance di Pameran Transportasi, Jakarta, Jumat (12/9/2014).


Syaratnya adalah, mobil telah terpasang alat bernama On Board Unit (OBU). Alat OBU ini bisa tertangkap oleh sensor yang tersedia pada Gantry meskipun kendaraan melaju kencang.


Pulsa atau account pada OBU akan berkurang secara otomatis jika melewati Gantry. Jika tidak terdapat OBU maka kendaraan yang melanggar akan tercatat secara otomotis.


Konsep tol tanpa pintu atau gardu telah diterapkan di negara-negara maju seperti Singapura hingga London. Teknologi ini terbukti mampu mengurangi kemacetan hingga 30%.


"Contohnya di London, Singapura dan sebagainya. Mereka bisa mengurangi kemacetan 20%-30%. Ini juga bisa dilakukan juga di Jakarta," jelasnya.Next


(feb/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!