Setelah Lampu, AC dan Kulkas akan Diberi Label Hemat Energi

Bandung -Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) tengah mempersiapkan aturan labelisasi hemat energi peralatan rumah tangga. Setelah lampu, dalam waktu dekat air conditioning (AC) dan kulkas juga akan diberi tanda hemat energi.

Hal itu disampaikan Direktur Konservasi Energi Kementerian ESDM Maritje Hutapea dalam acara 'Sosialisasi konservasi energi dan penghematan BBM di kalangan usia dini' di SD Banjarsari, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Sabtu (13/9/2014).


"Lampu kan sudah diberi label hemat energi, berupa bintang. Mulai bintang satu hingga empat. Jadi yang makin banyak bintangnya, itu yang paling hemat," ujar Maritje.


Menurutnya dalam dua tahun ke depan secara bertahap ada tujuh peralatan rumah tangga yang juga dilabelisasi AC, kulkas, kipas angin, TV, rice cooker, pompa air, dan lampu swabalast yang sudah berjalan.


"Sekarang kita sedang mempersiapkan AC dan kulkas," katanya.


Dengan adanya labelisasi hemat energi ini, kata Maritje, memudahkan konsumen untuk memilih produk rumah tangga yang hemat energi. Selain itu, mendorong produsen juga memproduksi barang yang hemat energi.


"Mau enggak mau, produsen dituntut membuat produk yang hemat energi, kalau enggak produk mereka enggak laku," tandasnya.


(ern/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!