Dahlan Sebut Impor dari Malaysia Cara Paling Manjur Atasi Krisis Listrik di Kalbar

Jakarta -Menteri BUMN Dahlan Iskan menegaskan PT PLN sedang mempercepat pembangunan transmisi listrik di perbatasan Indonesia-Malaysia. Transmisi ini akan dipakai untuk menyalurkan atau mengimpor listrik dari Serawak Malaysia ke Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar).

"Krisis listrik di Kalbar akan dituntaskan dengan cara yang paling manjur dibanding daerah lain di Indonesia. Kini sedang diselesaikan pembangunan jaringan listrik besar (150 kv) dari Jagoi Babang di perbatasan dengan Serawak menuju Bengkayang sejauh 70 km," kata Dahlan dalam pesan singkatnya, Minggu (14/9/2014)


Dahlan mengatakan perusahaan Malaysia (Serawak Energi Berhad/SEB) juga sedang menyelesaikan jaringan listrik yang sama dari Jagoi Babang menuju pembangkit listrik tenaga air (PLTA) yang sangat besar di Serawak.


"Pembangunan jaringan listrik antar negara (Jagoi Babang-Bengkayang saja 201 tower) ini sedang dikebut pengerjaannya dan akan selesai akhir Desember 2014," katanya.


Dahlan mengatakan jaringan listrik dari Bengkayang ke Singkawang sejauh 60 km sudah selesai dikerjakan bulan lalu sehingga akan menyambung dari Singkawang-Bengkayang-Jagoi Babang terus ke Serawak. Sedang jaringan dari Singkawang ke Pontianak bisa menggunakan jaringan lama yang sudah sangat besar kapasitasnya.


"Dengan selesainya pembangunan jaringan antar negara tersebut maka krisis listrik di Pontianak berakhir dengan tuntas. Sebab jumlah listrik yang dialiskan dari Serawak ke Pontianak mencapai 230 MW. Satu jumlah yang luar biasa besar. Industri-industri di Kalbar akan segera dapat listrik yang amat cukup," katanya.


Mantan bos PLN ini mengatakan kontrak pasokan listrik dari Serawak akan berlaku mulai Juni 2015, namun ada peluang bisa selesai lebih cepat dari target. Pembangkit listrik tenaga air di Serawak Malaysia punya kapasitas 3000 MW tersebut sudah selesai dibangun tahun lalu dan sudah siap memasok ke Pontianak kapan saja.Next


(feb/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!