Punya Waduk Baru, Bupati Banyuwangi Siap Cetak 200 Hektar Sawah Baru

Jakarta -Keberadaan waduk Bajulmati sangat dinantikan masyarakat Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan pihaknya punya rencana besar jika pembangunan waduk ini rampung dan terisi air.

"Setelah ini maka akan ada 200 hektar lahan sawah baru," sebut Anas kepada detikFinance, Sabtu (13/09/2014).


Menurut Anas, potensi pertanian di Kabupaten Banyuwangi cukup besar. Saat ini saja dengan total luas pertanian yang ada, Kabupaten Banyuwangi selalu surplus beras per tahun mencapai 250.000 ton.


"Pertanian kita cukup bagus dan kita sudah surplus beras 250.000 ton/tahun. Sebelum waduk ini selesai, pemerintah akan merivitalisasi irigasi," imbuhnya.


Selain untuk mengairi sawah, waduk tersebut juga akan memenuhi penyediaan air baku untuk air bersih sebesar 50 liter per detik yang bisa melayani 18.000 kepala keluarga. Selain itu, Waduk Bajulmati akan memasok kebutuhan air ke Pelabuhan Banyuwangi yang merupakan penghubung antara kawasan timur Pulau Jawa dan kawasan timur Indonesia, terutama Bali dan Nusa Tenggara.


"Tetapi yang penting adalah ini akan menjadi pasokan air bagi industri di utara dan ini menjadi solusi disparitas air di utara dan selatan Banyuwangi. Selama ini wilayah selatan cukup makmur karena memang airnya mudah. Sementara di utara cukup kering karena sumber mata airnya tidak ada. Dengan adanya waduk Bajulmati sebenarnya ini menjadi solusi antara wilayah utara dan selatan," paparnya.


Rencananya waduk ini juga akan didesain agar. bisa menyimpan dan memproduksi listrik sebesar 340 KW dengan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro


"Kalau selesai suku cadang air di wilayah utara tercukupi sekaligus cadangan air untuk kawasan industri sebagian untuk mikro hidro," sebutnya.


(wij/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!