Bulan Depan RI Punya BUMN Baru

Jakarta -Indonesia akan segera punya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) baru. BUMN ini merupakan hasil merger empat perusahaan pelat merah.

BUMN ini akan bergerak di bidang reasuransi. Ada empat perusahaan yang bergabung yaitu PT Asuransi Ekspor Indonesia (Persero), PT Reasuransi Nasional Indonesia (anak usaha PT Askrindo), PT Tugu Reasuransi Indonesia (cucu usaha PT Pertamina), dan PT Reasuransi Internasional Indonesia (anak usaha PT Reasuransi Umum Indonesia).


Rencananya BUMN baru ini rencananya akan diluncurkan Oktober. "Bulan depan akan di-launching Indonesia Reasuransi atau Indonesia REI," ungkap Dahlan Iskan, Menteri BUMN, di kantor PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS), Jakarta, Kamis (11/9/2014).


Menurut Dahlan, potensi di bisnis reasuransi sangat menggiurkan. "Tahun lalu saja, kita kehilangan kesempatan Rp 8 triliun yang lari ke luar negeri. Akhirnya neraca kita sayang kalau Rp 8 triliun lari ke luar negeri. Dengan terbentuknya Indonesia Reasuransi, maka kita punya kemampuan menyerap Rp 8 triliun itu," paparnya.


Secara bisnis, gabungan BUMN reasuransi ini baru beroperasi normal pada Januari 2015. Saat ini, Kementerian BUMN sedang mengurus proses administrasi.


"Langkah administratif tengah dilakukan. Mau tidak mau kita harus punya perusahaan reasuransi raksasa," kata Dahlan.


Selama ini, perusahaan asuransi raksasa melakukan penjaminan atau program reasuransi pada perusahaan asing karena Indonesia tidak ada perusahaan reasuransi besar. Dengan adanya BUMN reasuransi raksasa, maka potensi di dalam negeri bisa ditangkap.


Bahkan, menurut Dahlan, perusahaan reasuransi asing menyambut baik rencana BUMN ini. Mereka siap menjadi mitra untuk membentuk perusahaan reasuransi besar di Indonesia.


"Perusahaan-perusahaan reasuransi di Eropa telah mendengar rencana kita ini karena mereka juga butuh partner yang kuat untuk kerja sama di Indonesia. Misalnya perusahaan reasuransi raksasa di Swiss, Inggris, dan lain-lain" sebutnya.


(feb/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!